Mengetahui Bagian Tensimeter Aneroid dan Fungsinya

alat kesehatan 2

Mengetahui tekanan darah sebenarnya sangat penting dilakukan. Sebab, melalui tekanan darah, kondisi klinis tubuh dapat didiagnosis dan dipantau secara berkala. Tekanan darah diukur menggunakan sebuah alat kesehatan bernama tensimeter, sehingga dapat dimonitor tanpa merusak jaringan.

Mulanya, tensimeter yang digunakan secara umum di bidang medis adalah tensimeter air raksa. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaan tensimeter air raksa mulai menuai kontroversi, karenanya dibuatlah inovasi terbaru tensimeteraneroid. Tensimeteraneroid merupakan alat ukur tekanan darah manual yang pengukurannya menggunakan jarum yang menunjukkan angka di alat ukur meteran berbentuk bulat.

Kelebihan tensimeter aneroid adalah bebas dari air raksa, portable, akurasi ukurnya lebih tinggi, dan praktis digunakan untuk pelajar dalam bidang medis. Sementara, kekurangannya adalah mekanisme penggunaan yang tidak tepat akan dapat mempengaruhi hasil pengukuran, penggunaannya memerlukan keterampilan klinis, dan diperlukan kalibrasi secara rutin. Sebelum memilikinya, penting mengetahui bagian tensimeter aneroid dan fungsinya. Hal ini bertujuan agar penggunaannya bisa dilakukan secara tepat agar menghasilkan pengukuran yang akurat.

Inilah Bagian Tensimeter Aneroid dan Fungsinya

Terdapat beberapa bagian tensimeter aneroid dan fungsinya, yaitu pertama adalah manset. Manset pada alat pengukur tekanan darah berfungsi untuk menampung udara yang nantinya akan dipompa dari bulb. Selain itu manset berfungsi untuk menekan darah pasien, karenanya penggunaannya dipasang ‘mengikat’ melingkari lengan sesuai batas garis tanda arteri yang dicetak pada manset.

Kedua, ada bagian yang diberi namabulb atau pemompa. Bulb berfungsi utntuk memompa udara masuk ke dalam manset. Pada bulb terdapat valve inlet (klep masuk) untuk menghisap udara dari luar ke dalam, valve output (klep keluar) untuk mengeluarkan udara dari dalam bulb yang di dalamnya terdapat filter, dan valve pembuangan yang berfungsi sebagai ruang udara dari manset pada saat pengukuran dilakukan. Ketiga, bagian penunjuk tekanan yang berbentuk bulat. Pada bagian tensimeter aneroid dan fungsinya yang satu ini menggunakan jarum sebagai penunjuk angkanya.

Sebagai distribusor besar alat kesehatan, alatkesehatan.id menyediakan berbagai merk tensimeter aneroid yang bisa dipesan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *